RESUME TUGAS 2 " ASYIKNYA MERUBAH PTK MENJADI BUKU"

TUGAS RESUME PERTEMUAN KE-2   2 JUNI 2020

 

ASYIKNYA PTK  MENJADI SEBUAH BUKU

Nama               : Titin Sumartini, S.Pd.I

Alamat                        : Subang Jawa Barat

 

Hari ke2 belajar menulis gelombang 12, telah disampaikan oleh narasumber kita yang kompenten dalam hal ini yaitu Ibu HatiNurahayu. Beliau adalah seorang editor sekaligus pegiat Literasi.Alhamdulillah pada pagi yang cerah ini, kulian di bagi dua sesi oleh moderator yaitu sesi pemaparan materi dan sesi tanya jawab dari peserta .

Menurut beliau salahsatu syarat kenaikkan pangkat kita sebagai PNS adalah dengan membuat PTK.Pemaparan materi yang luas dan lugas memberikan arahan kepada peserta bagaimana membuat PTK yang baik tanpa kata sulit atau ribet.Salalsatu materi hari ini adalah bagaimana PTK menjadi sebuah buku. Mengapa harus menjadi buku, karena dengan menjadi buku banyak orang yang akan membaca hasil karya PTK kita, tentunya jadi bermanfaat sekali untuk orang lain.

Menurut Ibu Hati ada beberapa hal yang dapat mengubah PTK menjadi buku diantaranya adalah sbb :

1). Mengubah judul PTK

2). Membuat kata Pengantar

3). Membuat Daftar Isi

4). Membagi bagian –bagian Buku

Selanjutnya untuk merubah PTK menjadi Buku , seorang penulis harus memprbanyak isi materi variable bebas dari kata kunci juduk buku atau lebih memperluas isi bacaan.Untuk itu seorang penulis harus banyak membaca PTK dari hasil karya orang lain sebagi bahan referensi atau bahan tolak ukur dengan PTK kita. PTK yang di ubah menjadi buku tentunya sudah mempunyai nomor ISBN agar kelegalan buku kita tidakdi pertanyakan lagi.

 

Subang, 3 Juni 2020

“Hamassah Menulis” (Titin)


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini